Akupuntur, alternatif untuk Migrain


GambarApakah pembaca adalah penderita  migrain? Atau memiliki saudara, teman atau keluarga yang menderita migrain? Apakah telah sembuh atau justru masih belum menemukan pengobatan yang tepat untuk menyyembuhkannya?

Migrain merupakan sakit kepala yang sering terjadi pada sebagian orang, 30 % terjadi pada wanita dan 17 % pada pria. Ini biasa terjadi pada umur 21 tahun sampai 34 tahun. Penyebab migrain belum sepenuhnya diketahui, tapi banyak ahli yang berpendapat bahwa ini berhubungan dengan keturunan.

Gejala yang timbul biasanya berupa nyeri yang sangat hebat yang terjadi pada salah satu sisi kepala. Ini dikaitkan dengan pelebaran (dilatasi) pembuluh darah, sehingga menstimulasi ujung saraf dikepala. Migrain bukan merupakan penyakit yang berbahaya, meskipun bisa menjadi kronik bila gejalanya timbul berulang kali. Ini tentu akan menguras tenaga dan keuangan penderitanya.

Beberapa peneliti telah menemukan bahwa pengobatan alternatif seperti akupuntur atau spinal manipulative therapy memiliki manfaat secara klinis untuk migrain. Tentu saja ini akan menjadi kabar gembira bagi mereka yang menderita migrain. Selain karena akan menghemat biaya daripada berobat di rumah sakit, tentunya penyakit yang didideritanya bisa teratasi.

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Bahia A. Olsen dalam Journal of Chiropractic Medicine, bahwa akupuntur dan spinal manipulative therapy layak dilakukan untuk pengobatan migrain.  Penelitian  ini dilakukan kepada penderita yang telah memiliki migrain sejak muda dan belum berhasil disembuhkan. Penderita diberi pengobatan akupuntur saja 5 kali sesi dalam periode 2 minggu, dan gabungan antara akupuntur dan spinal manipulative therapy selama 3 kali. Kemudian pasien di follow-up satu tahun berikutnya, dan pasien mengatakan bahwa migrain yang dideritanya tidak pernah kambuh lagi.

Bagi pembaca yang mungkin memiliki migrain atau teman yang menderitnya. Ini mungkin bisa menjadi alternatif yang pantas selain pengobatan medis. Harapannya tentu untuk kesehatan semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: