Sekilas tentang Demam Berdarah


https://healthidayah.files.wordpress.com/2013/01/dengueaedes_aegypti.jpg?w=300Musim hujan telah tiba. Musim ini tentu membawa berkah bagi banyak orang, tetapi juga membawa malapetaka yang terpendam. Kita tentu masih ingat bencana banjir di Ibukota sebagai contohnya. Selain itu, beberapa penyakit mengintai saat musim hujan sperti ini, misalnya Demam Berdarah Dengue (DBD).

Sebenarnya apa itu Demam Berdarah Dengue (DBD)? Bagaimana cara penularan dan tanda serta gejala yang muncul pada penderitanya? HealtHidayah kali ini akan sedikit berbagi informasi tentang Demam Berdarah Dengue(DBD) ini.

Pengertian

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dari kelompok Arbovirus B, yaitu arthropod-borne virus (virus yang disebarkan oleh artropoda).

Cara penularan

Virus ini dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti (biasanya di perkotaan) dan Aedes albopictus (di pedesaan). Virus berkembang dalam tubuh nyamuk selama 8-10 hari terutama dalam kelenjar air liurnya, dan jika nyamuk ini menggigit orang lain maka virus dengue akan dipindahkan bersama air liur nyamuk. Dalam tubuh manusia, virus ini akan berkembang selama 4-6 hari dan orang tersebut akan mengalami sakit Demam Berdarah Dengue.

Orang yang didalam tubuhnya terdapat virus dengue tidak semuanya  akan sakit demam berdarah dengue. Ada yang mengalami demam ringan, atau justru tidak sakit sama sekali, tergantung kekebalan tubuh orang tersebut. Akan tetapi, nyamuk yang terinfeksi virus ini akan dapat menginfeksi manusia seumur hidup nyamuk tersebut.

Ciri-ciri nyamuk Aedes aegypti adalah :

  • Sayap dan badannya belang-belang (garis-garis putih);
  • Berkembang di air jernih yang tidak beralaskan tanah seperti bak mandi, WC, drum atau barang-barang yang menampung air seperti kaleng atau pot;
  • Jarak terbang nyamuk ± 100m;
  • Nyamuk betina biasanya menggigit beberapa orang, karena sebelum nyamuk tersebut kenyang sudah berpindah tempat (multiple biters); dan
  • Tahan dalam suhu panas dan kelembapan tinggi.

Gejala dan tanda

Penderita penyakit DBD pada umumnya disertai dengan tanda-tanda berikut :

  • Demam selama 2-7 hari tanpa sebab yang jelas;
  • Timbul bercak merah di tubuh, mimisan, muntah darah, atau berak darah-hitam;
  • Hasil pemeriksaan trombosit menurun (normal : 150.000-300.000 µL), hematokrit meningkat (normal : pria < 45, wanita < 40);
  • Akral dingin, gelisah, tidak sadar (DSS, Dengue Shock Syndrome).

Ini hanya sekelumit informasi tentang Demam Berdarah Dengue (DBD), semoga bermanfaat dan membuat kita lebih waspada akan penyakit ini. Keep Healthy!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: